sometimes....
we do not realize just how amazing this world
so.. enjoy your life: P

Saturday 9 October 2010

"INVISIBLE JACKET" Jubah Gaib Dari Jepang (+pict)

 
Teknologi ini berasal dari tahun 2003 dan dinamakan invisible jacket atau invisible cloak, atau biasa disebut jubah gaib, karena seaakan kita melihat arwah, tapi sebenarnya tidak ada unsur kegaiban di dalam jaket ini, pengembang mengatakan jaket ini terinsipirasi dari Jubah Gaib Harry Potter . jaket ini ditemukan oleh Dr Susumu Tachi, dari Universitas Keio, sekarang temuan mereka diadaptasi untuk membantu pilot, sopir, dokter dan lain-lain. teknologi ini menggunakan proyeksi Retro-reflektif dari komputer, kamera video dan proyektor untuk menyinari gambar latar belakang ke depan , subjek mengenakan pakaian khusus seperti jaket biasa, untuk menciptakan ilusi tembus pandang . bahan jaket ini terbuat dari.....kain yang terbuat dari manik-manik kaca 50 mikron luas, dan bahan2 dari pesawat stealth/siluman yang dapat memantulkan cahaya langsung kembali pada sumbernya, seperti banyak layar di bioskop. Dilihat dari dekat sumber cahaya, proyeksi cerah bahkan di siang hari bolong, dan peneliti mengatakan bahwa materi dapat diterapkan pada hampir semua hal. Dalam jangka pendek,tim juga menggunakan bahan2 invisible jaket ke dalam interior mobil, pesawat terbang dan helikopter. untuk mengurangi resiko kecelakaan dan blind spot . begitu juga pendaratan pesawat darurat yg sulit dilakukan dapat menjadi mudah dengan membuat dinding tampak transparan. Tujuan akhirnya meskipun adalah untuk menciptakan sebuah "augmented reality" yang memungkinkan setiap orang dengan mudah melihat informasi pada otbjek dunia nyata. menurut para peneliti dari london bahan2 ini disebut Retro-reflektif atau Metamaterials, "[Metamaterials] memiliki kekuatan untuk mengontrol cahaya dalam cara yang belum pernah terjadi sebelumnya," kata Sir John Pendry, seorang ahli fisika teoritis di Imperial College London, "Mereka sebenarnya bisa tetap keluar dari volume ruang, tetapi mereka dapat melakukannya tanpa Anda menyadari bahwa telah ada gangguan lokal dalam terang." peneliti berharap teknologi ini dapat digunakan pada militer untuk menyamar dan hal2 lainya.

Setelah seseorang memakai jubah yang dibuat dengan materi metamaterials, inilah urutan peristiwa:
1. Kamera video digital menangkap adegan di belakang orang yang memakai jubah.
2. Proses komputer atas gambar yang ditangkap dan membuat perhitungan yang diperlukan untuk menyesuaikan gambar atau video sehingga akan tampak realistis bila diproyeksikan.
3. Proyektor menerima/menangkap gambar yang disempurnakan dari komputer dan menyorotkan gambar melalui lubang berukuran kecil yang membuka ke arah Combiner.
4. Cermin setengah keperakan, yang benar-benar reflektif, memantulkan gambar yang diproyeksikan ke orang yang memakai jubah.
5. Jubah bertindak seperti layar film, memantulkan cahaya langsung kembali ke sumbernya, yang dalam kasus ini adalah cermin.
6. Sinar cahaya memantul dari jubah melewati bagian transparan dari cermin dan jatuh pada mata pengguna. Ingat bahwa sinar cahaya yang memantul dari jubah berisi gambar adegan yang ada di belakang orang yang memakai jubah.

komentar : wah LUAR BIASA !
sumber : kaskus

No comments:

Post a Comment